Saturday, December 19, 2015

WAKTU ITU APA SIH??



kawan”… Bagaimana aku berfikir, selama ini aku berfikir bahwa waktu adalah sesuatu yg bisa diulang, ya bisa diulang dengan cara bagaimana. Dengan cara berbuat baik, Tahukah kawan.. dengan itu kita bisa mengulang perbuatan kita menjadi berulang. Bukan percaya cerita fiksi atau fiktif, tapi aku percaya amalan, bisa berulang, bisa berlipat, karena allah.. dlm qurannya berfirman… yg berarti kalau  kita berbuat baik itu berarti berlipat. Berlipat ganda. Bayangkan saja anda ada dalam keadaan di toko yang sedang jualan barang dengan banyak bonus berkali-lipat, sekarang kalo amal berlipat, apakah akan sayang berbuat baik sedikit saja?’ seriusan?? Padahal beli satu bonusnya banyak… dapet mama lemon, dapet sendok, piring #emangnyaibu-ibuygbelanja. Hihi :D . Eh, Tapi emang kayak gtu loh. Ibarat kaya belanja satu tapi dapetnya banyak. …  Tapi, sekarang gimana dengan yang banyak berbuat dosa #eh kalo dosa itu dihitungnya satu lho sama Allah.. maha baik ya Allah?? :D  ibarat di kasir kalo ya bayar barang yang di beli aja”.. maha Adil plus bijaksana kanJ’’
            Eh, Truss klo boleh aku cerita ya.. selama ini sebenernya selama kuliah aku sambil ngajar, ngajar dimana? ya ngajar di pesantren yg ayah dan kakak dipercaya disana. Bukan karena  apa.. ya miris aja kurang guru aja disana buat ngajar biologi. Ngajar di Madrasah dilingkungan rumah juga. Lumayan, setiap jam 6 sampai jam 8 ngaji bareng anak-anak. Kata lainnya ngajar anak-anak madrasah. Dulu aku juga lulusan sana. Lumayan lah nyempetin waktu hari sabtu, malam-malam. Tapi percaya gak aku masih nyempetin buat diri aku sendiri less Tahsin. Jauuh banget tempatnya di jalan pahlawan, klo sesudah ngajar jam7 pagi pesantren langsung cuss sana. Sama niat nya biar kita juga yang ngajar bener ngajarnya jadinya.
Nah.. awalnya enggak ngerasa… cuman lama kelamaan aku mikir waah pahala dan ilmu bisa  berlipat jadinya. Dengan mengajar, kenapa??? Ya karena kalo kita ngajar seorang bayangin seseorang itu tumbuhan atau seperti ranting yang yang berasal dari  akar batang yaitu orang tua mereka. Dan seorang kakak dan adik mereka atau mungkin punya banyak sodara yang sebagai rantingnya seseorang itu. Ilmu kita yg kita ajarkan ke mereka akan disebarkan ke mereka juga. Sama seperti itu juga dapet cahayanya. Maksudnya, kita juga akan kecipratan pahalanya.
Selain tertarik pahala aku juga tertarik waktu, Ya’ segala sesuatu tentang waktu.
 Aku mau bercerita… Interstealler, wah aku pengen banget nonton film itu sie sebenernya. Aku suka nyempetin nonton film-film documenter seperti national geographic, discovery chanel atau sebagainya. Nah, sekarang aku sedang masuk Bab ngapalin surat Al-Quran yaitu Al-Furqan, ya biasa nyicil ajah. Itung-itung punya kakak namanya furqan tapi aku sendiri ga tahu apa maksudnya. Tahunya artinya pembeda gitu ajah, ah,ga cukup itu ajah. Aku harus nyari yang banyak. Sekarang pas bagian ngapalin surat ini dibantu bapak saya, yaitu beliau nerangin gimana ceritanya gmn pada jaman dulu ada sekelompok anak muda, yang dikejar-kejar sama raja yang akan membunuh seseorang yang masuk agama islam. Nah mereka sekitar pemuda 7 atau 8 orang bersembunyi di gua tapi mereka ketiduran selama 309 tahun (QS. Alkahfi:25) tapi pas bangun mereka dalam keadaan ga sadar apa-apa segar bugar dan ternyata mereka masih muda, Ajaib ya?? Nah, Apa hubungan nya dengan film iterstealler, ya nyambung bangetlah..  ITULAH TEORI RELATIVITAS WAKTU contoh kisah nyata dari Al-quran.
 Pertama ada suatu postingan di facebook dari Awalludin, seorang adik kelas. Mengenai sebuah film ilmiah (scient) yang memang bisa dibuktikan secara ilmiah kejadian-kejadian yang terjadi di film itu yang ceritanya mengenai film keluar angkasa. Aduh.. mana aku suka banget nonton film mengenai planet-planet luar angkasa, atau suka Astronomi. Nah ada juga postingan mengenai rumus-rumus pembuktian dengan hitungan fisika, mengenai apa yang akan terjadi bila seseorang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Cuman ilmu fisika dasar Tapi llmunya nyariii| klo kata orang sunda mah (atau punya arti)|. Tidak semua orang memikirkan sampe kesana tapi penulisnya menceritakan dengan detil mengenai konsep-konsep sampe rumus dan dicontohkan dalam kehidupan sehari-hari. Dan klo mau sempetin mah bisa dihitung ama kitanya sendiri. Hebat kan?..’’
            Sekarang gimana dengan seorang yang senang berpusa setelah ramadhan, yaitu puasa Syawal. Nah di sana katanya . di dalam sebuah hadits. ..
- Hadits riwayat Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah
من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر كله
Artinya: Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian diikuti dengan puasa 6 (enam) hari bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti puasa satu tahun penuh.

dengan arti kalo kita menjalankan puasa tersebut. Maka pahalanya sama dengan berpuasa yg selama satu tahun yang lalu atau satu tahun sama dengan 360 hari.

Hadits riwayat Nasa'i
جعل الله الحسنة بعشر أمثالها فشهر بعشرة أشهر وصيام ستة أيام تمام السنة
Artinya: Allah menjadikan kebaikan dengan 10 kali lipat. Maka satu bulan sama dengan 10 bulan. Dan puasa enam hari sama dengan setahun penuh.
 Nah kan begitu,. Itu juga teori relativitas waktu.. kita dapat pahala bagaikan puasa bertahun-tahun tapi hanya dijalankan dalam 30 hari puasa bulan ramadhan dan 6 hari di bulan syawal. Itu Juga TEORI RELATIVITAS WAKTU. dan itu seperti yang saya terangkan diatas tadi bahwa itu mah bulan- bulan nya banyak bonus. Bulan puasa nya mah bonus dan Diskon gede-gedean. Dan disetelah bulan itu masih ada banyak diskon. Yaa.. ga sebanyak bulan puasa sih diskonnya. Tapi lumayan gede. Coba aja diri kita nyuci dosa sendiri selama setahun mah. Cape banget atuh lah -_- .. nya manual deuih lamun nyeseh tea mah. Klo ibarat nyuci baju pake tangan mah cape. Klo punya mesin cuci ngapai cuci baju pake tangan atuh. Masih banyak hal yang harus kita kerjain mah, apalagi, -_-.   Nyita waktu. 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Quran, diberikan untuknya satu kebaikan, satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan, aku tidak katakan alif laam miim adalah satu huruf, tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf.” (HR. At-Turmudzi dari Abdullah bin Mas’ud))
Jadi kita ambil yang pahala jadi 10 kali lipat saja sesuai keterangan yang benar saja.Nah terus ditambah shaum syawal 6 hari juga yang dikaliin 10 jadi 60. Nah coba itungin aja 300 tadi sama 60. ,otomatis jadi 360 doonk,. Itu kan jumlah hari dalam 1 tahun dikalender. Itulah paket Allah dalam memberikan pahala. Jadi klo mau dihapus dosa setahun yang lalu itu.. bukan cuman puasa syawal nya aja, Tapi harus puasa ramadhan juga. Masa beli helm ga beli motor.hehe jadi pas deh 360 kan seneng. Duh, makanya.. buat yang inih, apa namanya.. yang suka males-malesan dalam berpuasa. Sayang bangetlah. Coba bayangin malesnya sehari ,Aduhai sama dengan bolong 10 hari pahala.dikali-kali gitu kan.. Sayang banget kan?’
            Sekarang waktu juga udah boleh diulang-oleh , atas izin siapa coba ada youtube kita jadi bisa ngulang-ngulang masa lalu,? Ya,karena Allah lah,. Ga akan kayak gtu kalo bukan karna Allah. Sekarang seseorang yang pernah punya nama buruk selama berlama-lama. Atau seseorang yang tidak pernah dipandang dan dihargain orang, atau dengan kata lain orang lain memandangnya sebelah mata. Sekarang dengan kecanggihan teknologi bisa merubah nama baiknya seketika. Liat. Video yang kalian liat selama ini. Adalah hasil kejadian beberapa waktu yang lalu. Bahkan dalam hitungan waktu dividionya dilihat klo buat ukuran video klip lagu kesukaan itu rata-rata 4 menitan di youtube.. sekarang orang yang tadinya dibenci orang bisa seketika aja jadi banyak fans dan idola dan dapet banyak like di postingan facebook atau di youtube itu sendiri bisa dilihat kira-kira yang paling banyak itu 2 jutaan penonton buat rataan penonton youtube di Indonesia. Contohnya video klip Fathin yang pertama nyanyi lagu grenade itu. Allah bisa melipatkan kebahagiaan , nama baik atau pun kedudukan seseorang dalam seketika. Itulah Kuasa Allah SWT.
Ngomong-ngomong soal WAKTU hal yang penting untuk mengisi waktu adalah dengan mencari ILMU,  moga aja kita jadi orang yang senang ngilmu teruss, hehe. Jadi.. kalo kita sekarang cape belajar apalagi mahasiswa, jangan lupa., itu adalah ilmu yang akan kita bawa sampe mati. Inget” umur kita berapa sih INGAT WAKTU, misalnya saya 22.. aduh, saya ngeliat ayah saya aja yang berumur 71 masih seneng ngajar ngaji sana-sini, khutbah, masih ngajar setiap hari ngajar pula di pesantren, terkecuali hari jumat libur. Itu juga kadang masih di isi sana-sini, ga ada yang sia-sia lah.. sekarang umur atau kesempatan kita belajar yang cuman berapa persen dari 70 itu mau kita sia-sia in gitu aja?? Aduhh sayang banget.
  Menurut buku Cara Berbicara Didepan Publi yang penulisnya (Natalie Rogers) bahwa manusia itu menghabiskan waktu dalam umurnya sekitar 22 an tahun untuk belajar, (baik secara formal atau tidak) itu menurut waktu perhitungan umumnya.. sekarang memang waktunyalah kita memberitahukan orang-orang yang tidak mengetahui ilmu yang kita ketahui atau suatu pengetahuan apa ajalah. Maka, katanya rugi kalo orang tidak mau berbicara di depan di depan banyak orang, dalam arti kata bila memang ilmu atau pengetahuan yang kita miliki itu di perlukan orang orang lain. Padahal kita sendiri punya ilmu atau pengetahuannya. Tapi belajarnya juga jangan sembarangan. Kata orang kan kalo kita ngasih tahu orang lain tapi salah, kan malu-maluin.. Haha. Tapi kalo kata saya mah dosanya takut bertubi-tubi. Klo urusan MALU mah kata saya mah malu teh kalo memang berbuat salah, eh iya sih memang kesalahan tapi kata saya itu manusiawi. Makanya belajar yang bener dari sekarang yang penting.
            Sekarang urusan waktu lagih, balik lagi ke urusan yang namanya “waktu” . banyak sieee keajaiban dari waktu jadi saya ga berhenti menceritakannya, ga bosen kan?? Saya suatu ketika di lab dikampus, mendengarkan cerita dari teman-teman .. tentang sinetron. Hahaha. Jangan malas dulu buat ente-ente yang ga suka sinetron juga. Nah.. salah seorang temen menceritakan bahwa film sinetron yang sedang tayang adalah mbak Hana atau Catatan Hati Seorang Istri. Maklum lah anak cewek senengnya bercerita. Truss ada yang nembak omongan teman saya bilang nya begini. Ah, ga rame ceritanya masa penderitaan mbak Hana nya tiada Akhir katanya. Haha,. Sebenernya dalam hati tertawa, Itu bukan yang kedua orang tua ku ajarkan. Mereka mengajarkan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan tidak akan ada yang sia-sia. Dan apalagi kita mendapat kebaikan dunia, kita harus mendapatkan akhirat yang kekal selama-lamanya.. yaitu di syurga J dan satu tambahan mamah lagi di dunia mah neng moal aya nu kitu-kitu terus, arti nya di dunia tidak akan adanya begitu-begitu saja tapi pasti akan berubah dan nu namana hirup mah ujian dan cobaan tidak akan berhenti neng ..dan ya .. memang seperti itu lah kehidupan.
Tapi kita harus inget balik ke satu ya kecuali satu-satu nya alasannya hidup mengharap pahala dan dikembalikan lagi segala-galanya ke Allah. Klo ga kuat hidup kayak gitu saya saranin jangan ikutin kata saya yang barusan.  ya Itu’ balik lagi ke yang tadi teori relativitas. 
            Ada saran kayak gini, terkadang sebagian orang ngerasa hidup nya tiada berhenti penderitaan, kalo… sekali lagi kalo.. kalian cuman mengagap semua itu cuman penderitaan. Tanpa alasan berarti. Dibalik itu coba kalian pikirin. Orang-orang yang jaman dahulu menjadi pahlawan jaman sekarang, atau para pahlawan pejuang Negara kitalah. Emm misalnya Soekarno, Ir. Budi Utomo, Pahlawan wanita Cut nyak dien, I gusti Ngurah Rai. Dan sederetan para pahlawan Negara kita jaman dulu.
 Apakah hidup mereka enak?? Hidup pada zaman penjajahan. Enggak enak,. Ya ada enaknya juga.. lagian yang namanya kebahagiaan mah ga bisa dilihat sama orang. Tapi mereka sekarang InsyaAllah sedang enak di Alam kubur, apalagi di tunggu oleh para malaikat pembuka pintu syurga disana. Sudah dinanti dari sekarang sama malaikat. Klo.. sekali lagi kalo.. memang mereka adalah para pahlawan yang ikhlas,Atuh ah ga usah di certain juga InsyaAllah para pejuang Negara Indonesia mah. Dengan doa-doa yang selalu kita panjatkan ITULAH TEORI RELATIVITAS WAKTU walaupun mereka sudah tidak ada akan tetapi mereka masih orang yang mempunyai waktu.
  Waktu yang dimana pahala masih akan mengalir bagi mereka walaupun mereka sudah tidak ada. Semoga mereka akan di tempatkan di tempat yang baik di Syurga. Aamiin. Tuh,kan itu lah contoh teori relativitas, walaupun mereka merasakan sekedar penderitaan tapi InsyaAllah di walaupun mereka sudah tidak ada… jasa-jasa mereka akan selalu terkenang menjadi sebuah panjatan doa. Dan Negara yang sudah mereka perjuangkan dan diwariskan kepada kita sebagai anak cucu para pejuang zaman dahulu jadi bisa merasakan kemerdekaan.
            Waktu sekali lagi waktu, kita tidak pernah tahu apa waktu itu,.. sekarang waktu yang sekarang juga berbeda dengan waktu di Negara bagian lain. Klo menurut perhitungan kan di berbagai Negara juga berbeda angka nilainya. Jadii… yang sebenernya yang bener itu waktu di kita atau di waktu bagian Negara lain?? Nah,. Itu lah sebagian yang dimaksud teori relativitas juga. Kita ga tau siapa yang bener apakah waktu yang ada di bagian Negara kita, atau waktu di Negara bagian lain. Itu semua ajaib, sesuatu yang sangat ajaib,.
Klo ngomong ngomong sebenernya teori relativitas yang di kemukakan Einstein ini sebenernya bermanfaat lho.. masih ada yang bisa kita hitung, ya sebagai manusia haruslah menghitung,. Hingga jadi yang namanya GPS sampe kita bisa internetan kayak gini nie sekarang..  Nah, Padahal dulu Einstein di anggap orang gila, tapi sekarang salah satunya berkat Einstein kita jadi bisa ngerjain tugas kuliah dengan internet karna ada satelit. Salah satu yang nyambung ke satelit yang lain adalah GPS .. Kita bisa jadi aman karna GPS kalo lagi tersesat di hutan atau dimana pun. Jadi,. Berterima kasihlah pada Einstein Haha.. yang dulunya di anggap orang gila tersebut. Begitulah.. Kita tidak boleh menghina atau meremehkan orang lain, karena kita bisa jadi malu sendiri. Haha..
Jadi Itulah mengenai TEORI RELATIVITAS, WAKTU, PAHALA Dll…

SEKIAN DULU BAB WAKTU DARI SAYA, LAIN KALI SAYA LANJUTKAN LAGI.. MAU BELAJAR BUAT TA ATAU SKIPSI DULU. MAKASIIIIIH :D

No comments:

Post a Comment