Saturday, December 19, 2015

Rangkuman Kisah 25 Nabi Allah SWT:

Penulis : Hana Hunafa Hidayat

Rangkuman Kisah 25 Nabi Allah SWT:
1.       ADAM: Manusia Pertama .   
Nabi Syit As. Slah seorang anak Nabi Adam, Akhir ceritanya dari waktu ke waktu keturunan Nabi Adan dan Nabi Syits semakin bertambah banyak. Mereka menyebar ke berbagai pelosok bumi. Setelah beranak pinak dalam rentang waktu yang panjang. Manusia mengalam perubahan-perubahan, antara lain bentuk fisik. Kekuatan mental, penampilan dan kecenderungan maupun bakat-bakatnya.
2.       IDRIS: Nabi Idris As adalah keturunan ke-6 dari Nabi Adam As.
Idris baru diangkat menjadi nabi setelah usianya menvapai 82 tahun. Jadi idris menjadi nabi setelah mencapai usia yang sudah matan, dan tentunya telah banyak mereguk pahit mansinya kehidupan.
3.       NUH: Dalam silsilah , Nabi Nuh As merupakan keturunan yang ke-10 dari Nabi Adam As.
                Menutut Al-Quran, usia Nuh mencapai 950 tahun. Dalam kondisi sekaran, usia sepanjang itu, tentu tak masuk akal. Tapi di zaman dulu, ketika jumlah manusia belum begitu banyak, entah mengapa usia manusia tergolong sangat panjang. Bahkan nabi Adam berusia 1000 tahun.
4.       HUD: Meskipun tergolong agak jauh, Nabi Hud As masih merupakan ketuunan Nabi Nuh As.
                Nabi Hud diutus oleh Allah Swt untuk berdakwah kepada kaum ‘Ad. Kaum ‘Ad ini berada di daerah Ahqaf, terletak di antara Yaman dan Aman (Yordania) sampai Hadramaut dan Asy-syajar, yang termasuk wilayah Saudi Arabia.
5.       SHALEH: Sama seperti Nabi Hud As, Nabi Shaleh As juga masih keturunan Nabi Nuh As.
                Shaleh di utus oleh Allah untuk menyampaikan ajaran dan nilai-nilai agama yang baik kepada kaum Tsamud. Kaum Tsamud menghuni kota Hadramaut, yaitu daratan yang teletak antara Yaman dan Syam (Syria). Kaum Tsamud sebenarnya masih keturunan dari kaum ‘Ad, kaumnya Nabi Hud yang hancur lebur di terpa angina lesus.
6.       IBRAHIM: Nabi Ibrahim As dilahirkan di negri Babilon, yaitu daerah yang terletak antara sungai Euftat dan Tigris wilayah ini sekarang disebut Negara irak.
Babilon merupakan negeri yang subur dan makmur. Akan tetapi dikala itu Babilon dikuasai oleh seorang raja yang kejam dan sewenang-wenang, Namanya Namrud.
7.       LUTH: Nabi Luth As merupakan keponakan Nabi Ibrahim As
Luth dipilih oleh Allah sebagai nabi, pada saat Nabi Ibrahim masih hidup. Nabi Ibrahim lebih dahulu diangkat sebagai nabi, baru kemudian nabi Luth. Sebelum di angkat menjadi nabi, Luth kadang menyertai nabi Ibrahim dalam berdakwah menyebarkan ajaran Allah Swt. Luth banayak belajar tentang agama dan kehidupan kepada Nabi Ibrahim As.
8.       ISMAIL:  Nabi Ismail As. Merupakan anak nabi Ibrahim As. Dari istri keduanya yang bernama Siti Hajar.
Petunjuk dari Allah SWT ternyata cukup mengejutkan. Allah memberi isyarat kepada Ibrahim agar membawa Istrinya Siti Hajar dan bayinya ke tanah makkah. Di tanah Makkahlah, Hajar dan bayinya harus diletakan di sebuah padang pasir.
Akhirnya Hajar berlari ke bukit Shafa. Tapi hinga sampai disana tak ditemukannya makanan dan minuman. Hajar merasa sedih lalu dia kembali menengok Ismai’il. Sang bayi masih terus saja mengangis, Karena lapar dan haus. Hajar berusaha lagi. Dia lari ke bukit Marwah. Tapi hingga samapai disana tidak juga ditemukannya makanan dan minuman. Hajar sangat bingung.
Siti Hajar bolak-balik terus dari bukit Shafa ke bukit Marwah sampai tujuh kali untuk mencari makanan dan minuman tapi dia tidak menemukan papaun kecuali padang pasir yang kering dan tandus. Kelak berlari-lari kecil antara bukit Shafa dan Marwah seperti yang pernah dilakukan oleh Hajar, menjadi bagian penting dari ibadah haji yang wajib dilakukan oleh kaum muslimin.
Setelah bolak-balik berkali-kali dari bukit Shafa dan Marwah, Hajar pun mengalami kelelahan lalu kembali ke tempat Ismaiil As dengan tangan hampa. Sesampai di tempat Ismail dia terperanjat. Entah kenapa sambil berbaring kaki ismail terus saja menjejak-jejeak bumi dan dari bumi yang dijejak-jejak Ismail tiba-tiba saja terpancar mata air yang sangat deras dan jernih.Hajar juga semakin terperanjat karena di sebelah Ismail ternyata muncul pohon kurma yang sangat subur dan berbuah lebat. Ini merupakan keajaiban yang tidak masuk akal.
Maka Siti Hajar berdoa “ Ya Allah. Terimakasih atas segala rahmat dan karunia-Mu. Engaku telah menyelamatkan kehidupan kami”. Hajar bersyukur sembari menengadahkan tangan ke langit Karena sangat derasnya mata air, maka pancaran air pun meluber ke mana-mana. Hajar lalu menggerakan tangan untuk mengumpulkan air sambil berteriak :”zam-zam! Zam-zam! Zam-zam!.
9.       ISHAQ: Nabi Ishaq adalah anak nabi Ibrahim dari isterinya yang pertama Siti Sarah.
Sarah yang usianya telah mencapai 90 tahun, ternyata hamil. Nabi Ibrahim sendiri waktu itu sudah berusia 100 tahun. Mustahil, seorang yang telah berusia 90 tahun bisa hamil. Akan tetapi oleh kehendak Allah SWT apapun bisa terjadi, termasuk hal-hal yang sepintas bagi akal sehat tidak mungkin terjadi.
10.   YA’QUB: Nabi Yakub As. Adalah anak nabi Ishaq As
Jadi nabi Ya’qub merupakan cucu nabi Ibrahim As. Ayahnya nabi Ishaq mempunyai dua anak yaitu Ya’qub dan Ish.
11.   YUSUF : Nabi Yusuf As adalah salah seorang putra Nabi Ya’qub dari istri keduanya yang bernama Rahiel
Nabi Yusuf As. Dua belas bersaudara, Ayah nabi Yusuf As mempunyai empat orang istri yang bernama Layya, Rahiel, Zulfa dan Balhah.
12.   AYYUB : Nabi Ayub As termasuk keturunan nabi Ibrahim As dari Ish. Ish dan nabi Yaqub As adalah saudara sekandung sehingga kakek mereka adalah nabi Ishaq As.
Ish, Ayah Ayub merupakan manusia yang kaya raya. Dia banyak sekali memelihara ternak, antara lain: untua, lembu, kambing, kuda, dan keledai. Di wilayah Syam tidak ada seorang pun yang menyamai kekayaan Ish. Ketika wafat, semua harta benta Ish diwariskan kepada Nabi Ayub. As. Akan tetapi nabi Ayub As mengalami timpaan musibah yang beruntun.
13.   SYUAIB: Nabi Syuaib merupakan keturunan nabi Ibrahim As.
Nabi Syuaib tinggal di daerah Madyan. Untuk itu kaum nabi Syuaib disebut juga kaum Madyan. Yang ditengarai mengalami krisis akhlak sehingga sebagian kaum nabi Syuaib di timpa adzab yaitu berupa gempa bumi yang disertai petir yang bersahutan.
14.   YUNUS:  Yunus As masih merupakan keturunan nabi Ibrahim As melalui Ishaq As. Yaqub As dan Bunyamin As.
Nabi Yunus As. berasal dari Syam, dan ditutus oleh Allah SWT ke wilayah Ninive, Irak. Kaum Ninive menuhankan benda, menyembah berhala dan memuja-muja tempat-tempat tertentu yang dianggap keramat
15.   MUSA: Nabi Musa As termasuk golongan Bani Israel karena masih punta hubungan dengan Nabi Yaqub As.
Nabi Yaqub As yang acapkali disebut Israel adalah seorang nabi yang menurunkan Bani Israel, suatu golongan manusia yang higga kini masih kuat keberadaannya. Jika dirunut ke atas lagi, Musa masih punya gari keturunan ke Nabi Ishaq As dan nabi Ibrahim As,
16.   HARUN : Nabi Harun As merupakan saudara dari nabi Musa As.
dan sampai akhir belum dilanjutkan... ")


Sumber : Hakim, 2004. 25 Nabi&Rasul Diceritakan Secara Populer dan Bernas. Penerbit Marja. Bandung

No comments:

Post a Comment