Tuesday, August 16, 2016

TIPS MENABUNG YANG BAIK

- Sediakan tempatnya, berupa kotak dus bekas makanan atau lainnya.
- Simpan pada tempat yang sangat tidak terduga (menghindari untuk ingin memakai nya dan orang lain pun iri)
- Simpan pada keadaan uang berapa dan tanggal berapa tulis pada kotak tabungan di depan boleh pakai label atau tulis. supaya kita tahu tanggal berapa menyimpan uang sedemikian tanggal sedemikian agar tidak boleh kurang dari segitu nanti kembalinya, lalu sediakan label kecilnya untuk merincikannya pada kotak depan tabungannya,.. dengan posisi menempelkan dua label tersebut, yang satu bertuliskan tanggal, dan yang satu dituliskan jumlah uang diambil, (jaga-jaga kalau saja diambil).
- Jangan lupa untuk mengumumkan kepada seluruh anggota keluarga tujuan anda membuat kotak tabungan karena ada keinginan, supaya jaga-jaga keluarga juga bisa membantunya
- Diberilah sekat, antara tabungan1. Haji (Ibadah), 2. Zakat (jaga-jaga kalau anda punya bisnis cadangan harus menyumbangkannya 2,5 % dari modal uang dagang kalo menurut aturan islam), 3. tabungan ibu rumah tangga (kalo-kalo anda ingin membantu ibu anda), 4. Tabungan pendidikan (kalo anda butuh ongkos kan? karena anda hidup kan? ya... wajar... untuk tabungan ini boleh anda ambil kalo-kalo butuh cadangan,. 5. Tabungan Tak Terduga, Tabungan ini adalah tabungan jaga-jaga kalo-kalo anggota keluarga anda ada yang mengalami musibah, butuh rumah sakit atau lain-lainnya,, (untuk tabungan ini anda boleh meminta anggota keluarga yang lain untuk menambahkannya, oh, kalo bisa jangan sampai tahu saja ambil uang yang tergeletak disimpan disembarang tempat untuk dijadikan kepemilikan umum atau bersama supaya kita juga punya tambahan kan, untuk bareng-bareng juga, makanya kalo dia marah kita bilang saja sama dia, karena ini adalah untuk dia juga gitu bilang, kan takutnya kamu atau kita sakit,.. bilangnya begitu... makanya dia tidak akan marah insya Allah.. he)
- Berilah list perhitungan pengeluaran estimasi perhari atau perbulan pada kertas secara terinci kalo bisa di pasang atau dipajang supaya orang tahu seberapa pengeluaran anda , jangan lupa letakan kertas tersebut disamping tabungann anda ya,. itu penting sekali. Atau pengeluaran sehari-hari juga jangan lupa dicatat pada sebuah buku atau kertas kecil beserta hari dan tanggal yang jelas,kalo bisa juga dengan jadwal kegiatan harian anda, supaya anda jelas dan ingat pada saat apa dan apa kegitan andanya pada saat itu untuk apa. yaitu bisa untuk estimasi berguna di hari kemudian. (jadi pelajaran)

No comments:

Post a Comment